0 Comments

Mengelola bisnis itu nggak selalu mudah, apalagi kalau sudah berhubungan dengan urusan tim, keuangan, dan operasional sehari-hari. Banyak tantangan yang bisa bikin kamu pusing, bahkan sampai menghambat produktivitas. Nah, kalau kamu sering menghadapi masalah-masalah di bawah ini, mungkin ini saatnya mempertimbangkan menggunakan aplikasi HRM (Human Resource Management).

1. Sulit Mengontrol Absensi Tim

Mengatur kehadiran karyawan tanpa sistem yang jelas sering kali jadi tantangan besar. Data absensi manual bisa saja hilang, salah catat, atau bahkan rentan dimanipulasi. Padahal, data absensi adalah dasar untuk menghitung gaji hingga menentukan produktivitas tim.

2. Sering Salah Menghitung Gaji

Kesalahan kecil dalam menghitung gaji bisa menyebabkan masalah besar, baik bagi karyawan maupun perusahaan. Belum lagi kalau harus memperhitungkan komponen seperti pajak, tunjangan, atau potongan BPJS. Kalau setiap bulan harus dihitung manual, kebayang kan berapa waktu yang terbuang?

3. Sulit Membuat Buku Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah jantung operasional bisnis. Tapi, membuatnya sering kali jadi hal yang rumit dan tidak akurat, apalagi kalau tidak punya sistem yang terintegrasi. Data yang tercecer di berbagai platform atau dokumen manual bikin proses ini semakin lama dan rentan kesalahan.

4. Sulit Memantau Progress Kerja Karyawan

Memantau progress kerja tim tanpa tools yang tepat bisa bikin kamu kewalahan. Kalau tidak ada sistem untuk memantau task dan progres yang sedang dikerjakan, seringkali kamu akan kebingungan dan kesulitan dalam mengevaluasi performa tim. Akibatnya, pekerjaan bisa jadi terhambat dan target pun sulit tercapai.

5. Data dan Proses Kerja Terpisah di Banyak Platform

Kebanyakan aplikasi yang tidak saling terhubung membuat data dan informasi jadi terpecah. Mulai dari absensi, penggajian, akuntansi, hingga komunikasi tim yang semua membutuhkan aplikasi berbeda. Hal ini justru membuat data terhambat dan sering terlambat diakses. Penggunaan terlalu banyak tools justru sering membuat koordinasi dan manajemen data jadi kacau. Semua data penting jadi tidak terpusat dan sulit diakses saat dibutuhkan.

Saatnya Beralih ke Solusi yang Lebih Efisien

Kalau kamu mengalami hal-hal di atas, ini tandanya bisnis kamu butuh aplikasi HRM yang mampu memfasilitasi semua kebutuhan tim kamu. Aplikasi HRM seperti Kolabo bisa jadi solusi tepat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Dengan Kolabo, kamu bisa mengelola absensi, memantau progress project, menghitung gaji otomatis, membuat laporan keuangan secara cepat, hingga menyimpan data perusahaan di satu platform yang terintegrasi. Selain itu, Kolabo juga menjamin keamanan data perusahaan kamu dengan sistem private cloud dan end-to-end encryption.

Jadi, kenapa masih ribet pakai cara lama? Yuk, upgrade cara kerja bisnis kamu dengan Kolabo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts